Skip navigation

1. Datanglah jam 08.00 untuk menunggu antrian yang paling pertama, biasanya sih baru mulainya jam 09.00 =P tapi ngantrinya udah dari jam 08.00. Tapi karena formulinya hanya ada 100 lembar jadi kalo dateng diatas jam 10.00 kemungkinan besar sudah habis.

2. Sebelumnya pastikan sudah membawa:

  • Fotokopi KTP untuk perpanjangan masing2 SIM. Jadi kalo mau perpanjang SIM A dan C bawa 2 Fotokopi KTP
  • Pastikan sudah difotokopi dari rumah, sebab kalo mau fotokopi di tempat ga jelas harganya berapa. Gw Fotokopi SIM A dan C harganya 3000 rupiah saja, tapi kalo fotokopi KTP harganya hanya 1000 rupiah -__-; udah gitu kalo fotokopi disana ngantrinya panjang.
  • Membawa SIM yang asli
  • Bawalah pulpen buat ngisi formulir, sebab semakin cepat kita mengisi formulir dan mengembalikannya kepada petugas akan semakin cepat giliran kita diproses.
  • Uang sebesar 100.000 untuk masing2 SIM

3. FYI

  • SIM yang sudah kadarluarsa dalam jangka waktu setahun masih bisa diperpanjang, tetapi kalau sudah lewat dari setahun tidak bisa lagi.
  • Tidak ada pungutan selain biaya SIM, jadi kalau ada petugas yang minta uang tambahan ya pintar2nya kita nolaklah.
  • Waktu pemprosesannya sangat cepat. Kira2 dari kita difoto akan memakan waktu 5- 10 menit. Paling yang lama itu nunggu dfotonya (untuk itu datanglah pagian)

6 Comments

  1. numpang sharing (males posting sendiri xp )
    hr sabtu gue perpanjang SIM di polres depok. dateng jam 8 kurang, nunggu Apel selesai sambil numpuk fotokopi KTP di loket kesehatan. jam 8 lebih dikit, antrian mulai dipanggil ke ruang kesehatan. Tes mata (baca huruf, warna), bayar 15 ribu (entah resmi entah ga, no receipt)

    Bayar biaya perpanjang (60ribu buat SIM A) trus isi formulir SIM yg entah kenapa mesti ngisi lagi.. padahal data udah ada. Gue tulis pekerjaan baru juga diisinya masih mahasiswa😛

    Anyway, bawalah pulpen sendiri. di sana ada, tapi kudu beli😛 trus bayar asuransi 15ribu (yg ternyata ga wajib, sial.. padahal cuma di-cover 6 bulan pertama, kalo masuk RS cuma dapet 200ribu) dan nulis tanda tangan di kertas di depan ruang foto. Lalu tunggulah dengan sabar sampai acara olahraga sabtu pagi selesai dan anda dipanggil masuk buat foto. 10 menitan setelah foto SIM bisa dibawa pulang, kecuali kalo kaya SIM gue yg dengan tololnya dibawa orang lain, jadi harus nunggu dia balikin…

    ~heran.. ga koper, ga SIM.. byk amat yg ngefans ama barang gue..

  2. klo SIM gw mo abis tapi gw mo bikin SIM jakarta perlu dari awal atau bisa sistemnya perpanjang? :p

  3. feha:
    pertanyaan bgs.. sayangny ga bisa fe

  4. Wah,terima kasih utk tipsnya…Tapi sayangnya gw masih 1 taon lagi masa berlaku SIMnya baru abis…BTW, kalo perpanjang KTP ada tipsnya gak? Tinggal sebulan lagi neh…Hehehe

    • eka herawanto
    • Posted April 14, 2008 at 9:40 pm
    • Permalink

    pastiin bget jadwalnya ….
    jd gk kecewa klo dari pagi dah ngantri….

    • antri
    • Posted January 12, 2010 at 10:18 am
    • Permalink

    Sabtu lalu perpanjang sim di ssamsat jak pus, bayar tes kesehatan 20rb, total 140rb. Cepat bgt 5 menit jadi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: